Di Taklukan Malaysia, Indonesia Pulkam di Negara Sendiri


Timnas Indonesia tersingkir dari semifinal Piala AFF U-19 2018 usai kalah dari Malaysia melalui adu tendangan penalti di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (12/1) malam.

Indonesia kalah adu penalti setelah tiga eksekutor yakni Witan Sulaeman, Firza Andika, dan Hanis Saghara Putra gagal melesakkan bola ke gawang Malaysia.

BABAK PERTAMA
Indonesia unggul cepat melalui penalti Egy Maulana Vikri. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan bek Malaysia kepada Saddil Ramdani, Egy berhasil menjalankan eksekusi penalti dengan baik pada menit 2. 1-0 untuk tuan rumah.

Usai unggul, Malaysia langsung bermain menyerang. Harimau Malaya terus menekan pertahanan Indonesia. Kiper M. Riyandi jatuh bangun menghalau serangan tim tamu.

Menit 14, Malaysia berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari tendangan pojok, tandukan Muhammad Syaiful berhasil menggetarkan gawang Indonesia. 1-1 kedudukan kembali imbang.

Indonesia yang tersentak dengan gol Malaysia, coba bermain menyerang. Menit ke-17, tendangan sudut Saddil Ramdani cukup membahayakan Indonesia. Namun kiper Muhammad Azri mampu menangkap bola dengan baik.

Skuat Garuda Nusantara punya peluang emas. Sepakan Saddil Ramdani mengenai mistar gawang Malaysia pada menit 20. Bola muntah langsung dimanfaatan Malaysia melalui serangan balik, tapi barisan pertahanan Indonesia mampu menyapu bola dari area pertahanan.

Egy Maulana Vikri dapatkan peluang emas pada menit 28. Tapi sepakan Egy mampu dihalau dengan sangat baik oleh kiper Azri.

Firza yang merangsek ke depan, hampir membobol gawang Malaysia. Sayang, serangan sporadis pada menit ke-44 itu patah karena berhasil diantisipasi pertahahan Malaysia.

Hingga waktu turun minum, Indonesia dan Malaysia bermain imbang dengan skor 1-1.

BABAK KEDUA


Di babak kedua Indonesia mencoba bermain lebih menyerang dengan memasukan Todd Rivaldo Ferre menggantikan Rafli Mursalim.

Menit 46, Rivaldo sudah membuat pertahanan Malaysia kocar kacir. Bek Malaysia harus melanggar Rivaldo dan menghasilkan tendangan bebas. Sayang sepakan tendangan besar Saddil melambung jauh dari mistar gawang Azri.

Egy Maulana membuat isi stadion kembali bergemuruh. Bukan mencetak gol tapi aksi nutmeg-nya kepada pemain Malaysia menghasilkan peluang bagi Indonesia. Sayang Witan Sulaiman gagal memanfaatkan peluang. Sepakannya ditangkap dengan lengket oleg Azri.

Malaysia melalui Nik Akif mampu membuat kiper Riyandi bekerja keras. Tendangan eks timnas futsal Malaysia itu melengkung dengan manis ke gawang Indonesia. Beruntung Riyandi mampu meninju keluar bola dari kotak 12 pas Indonesia.

Menit 66, Egy Maulana Vikri terjatuh dan langsung mendapat penanganan dari tim medis. Ia pun ditandu keluar untuk dapatkan perawatan lebih lanjut.

Indonesia mendapatkan tendangan bebas pada menit 77 melalui Witan Sulaiman. Tapi sepakan kerasnya mampu ditangkap dalam pelukan kiper Azri.

Egy berhadapan langsung dengan kiper Azri pada menit 80. Sayang kiper Malaysia itu bergerak lebih cepat. Hilang lagi peluang emas Indonesia.

Hingga waktu normal berakhir, kedududukan tetap imbang. Pertandingan pun berlanjut dengan adu penalti.

Sempat terjadi kejadian memalukan mati lampu di Stadion Gelora Delta Sidoarjo saat penendang pertama, Luthfi Kamal Baharsyah, ingin melepas tendangan penalti.

Indonesia akhirnya kalah adu penalti setelah dua eksekutor yakni Witan Sulaeman, Firza Andika, dan Hanis Saghara Putra gagal melesakkan bola ke gawang Malaysia dan gagal ke final Piala AFF U-19 2019

Susunan pemain         :

Indonesia U-19: M Riyandi; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, Kadek Raditya, Firza Andika, M Rafi Syarahil, Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani, M Rafli, Witan Sulaeman


Malaysia U-19: Muhammad Azri; Shivan Pilay, Muhammad Anwar, Nabil Hakim, Muhammad Syaiful; Muhammad Zahril Azri, Muhammad Nurfais, Nik Akif Syahkan; Thivandaran Karnan, M. Nizamuddin Jazi; M. Hadi Fayyadh

Di Taklukan Malaysia, Indonesia Pulkam di Negara Sendiri Di Taklukan Malaysia, Indonesia Pulkam di Negara Sendiri Reviewed by Faris Muhammad on Thursday, July 12, 2018 Rating: 5

3 comments:

  1. jangan sampai ketinggalan, karena saat ini ada yang terbaru dan terbaik untuk bisa nonton film drama korea dengan mudah dan gratis, cepetan download aplikasi MYDRAKOR di googleplay, mudah digunakan dan banyak drama korea terbaru.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

    https://www.inflixer.com/

    ReplyDelete

Powered by Blogger.