2 Penyebab Gempa Bumi Setiap Hari di Indonesia Serta Cara Mengantisipasinya

Gempa bumi di Indonesia terjadi setiap hari
Gambar : Aline.id .
Setiap hari Indonesia diguncang gempa mulai dari skala yang kecil hingga skala yang besar. Beberapa hari ini saudara-saudara kita di Lombok mengalami musibah bencana gempa bumi. Selain di Lombok, sempat terjadi gempa pula di Malang dan beberapa wilayah lain. Setiap hari, gempa bumi terjadi di wilayah negara kita, yang ga dirasakan, sampai yang skala nya besar. Sering terjadi gempa bumi adalah dampak dari posisi negara Indonesia yang berada dalam Cincin Api Pasifik. Ada 2 faktor yang mempengaruhi Gempa Bumi, seperti yang diatas tadi bahwa ada Cincin Api Pasifik dan juga perlambatan rotasi bumi, akan tetapi yang  paling berpengaruh adalah perlambatan rotasi bumi. Sebelum membahas perlambatan rotasi bumi, ada baiknya kita membaca Cincin Api Pasifik terlebih dahulu.

Cincin Api adalah julukan untuk barisan gunung api paling aktif di dunia yang membentang di sekeliling lembah Samudera Pasifik dan membentuk cincin sepanjang 40.000 km. Negara yang dilalui Cincin Api meliputi Indonesia, Filipina, Jepang, Amerika Serikat, Rusia, dan Chili. 75% gunung api di dunia berlokasi pada Cincin Api, yaitu sejumlah 452 gunung api. Sekitar 90% dari peristiwa gempa bumi yang terjadi dan 81% kejadian berdampak buruk paling besar di seluruh dunia terjadi dalam kawasan cincin api.

Dampak buruk negara yang berada di jalur Cincin Api Pasifik di atas tiga tumbukan lempeng benua, yakni Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik adalah menjadi wilayah yang rawan bencana letusan gunung api, gempa, dan tsunami.

Tidak hanya dampak buruk, berada di jalur Cincin Api juga ada dampak baiknya loh. Diantaranya adalah menjadi wilayah yang subur karena kandungan zat hara dari abu vulkanik, kaya akan sumber mata air, dan memiliki sumber tenaga panas bumi.

Seperti yang sudah saya bilang kalau Cincin Api Pasifik ini bukanlah penyebab utama dari gempa bumi yang terus menerus terjadi di Indonesia. Penyebab yang paling berpengaruh atau signifikan adalah bumi kita saat ini sedang mengalami perlambatan rotasi bumi
Perlambatannya memang sangat kecil (hanya dalam skala milidetik), tapi perubahan ini punya dampak yang signifikan. Bagian dalam bumi terdapat logam cair, logam cair ini masih terus bergerak dengan kecepatan yang kebih cepat dari rotasi bumi yang  melambat. 

Baca Juga : Sungai Bebas Sampah Tapi Tetap Bau dan Hitam, Apa Penyebabnya?

Ia akan menekan lapisan luar bumi dan tekanannya menyebar melalui batuan, lempengan, dan patahan di atasnya. Hal ini memicu terjadinya lebih banyak gempa bumi. Perlambatan rotasi terbesar ada di daerah khatulistiwa (sumbu rotasi bumi paling jauh) , karena itu wilayah Indonesia mengalami dampak besarnya. 

Pemahaman dan antsipasi yang baik terhadap bencana gempa diharapkan mampu meminimalisasi jatuhnya korban maupun kerusakan, oleh karena itu artikel ini juga akan mengulas apa yang harus dilakukan oleh kita saat sebelum, selama terjadi, dan sesudah gempa bumi.

Sebelum Terjadi            :

  • Kenali lingkungan tempat bekerja atau tinggal.
  • Atur benda yang berat sebaiknya berada di bagian bawah.
  • Perabotan (lemari, etalase, dll) diatur, dipaku/diikat agar tidak jatuh.
  • Alat yang harus ada di setiap tempat atau sudut ruangan yang mudah di jangkau: Kotak P3K, senter/lampu baterai.

Selama Terjadi            :


  • Di dalam bangunan: sembunyi dibawah meja.
  • Di luar bangunan: jauhi bangunan.
  • Di dalam mobil: berhenti di tanah lapang atau jauhi bangunan sekitar (gedung tinggi).
  • Di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.
  • Di pegunungan: hindari daerah yang mungkin terjadi tanah longsor.

Setelah Terjadi            :


  • Periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K\.
  • Periksa lingkungan sekitar apabila terjadi kebakaran, kebocoran gas, hubungan arus pendek listrik, atau hal berbahaya lainnya.
  • Jangan menggunakan elevator (lift).
  • Waspada terhadap gempa susulan.

Yang paling penting menurut saya adalah jangan pernah lupa berdoa untuk meminta perlindungan-Nya. 

Turut berduka cita atas musibah gempa bumi yang terjadi di Lombok dan beberapa daerah di Indonesia
2 Penyebab Gempa Bumi Setiap Hari di Indonesia Serta Cara Mengantisipasinya 2 Penyebab Gempa Bumi Setiap Hari di Indonesia Serta Cara Mengantisipasinya Reviewed by Faris Muhammad on Thursday, August 30, 2018 Rating: 5

5 comments:

  1. Betul banget gan. Selain info diatas, ada hal lain juga yang harus kita perhatikan kalau misal kita tinggal di daerah pesisir pantai (mis: Aceh, Padang, Jogja, Lombok, dll) amati pergerakan hewan-hewan seperti burung-burung, babi hutan, kucing, anjing, dsb. Jika mereka menunjukkan perilaku yang aneh seperti bermigrasi secara mendadak (hewan liar) atau ingin keluar dari rumah (hewan peliharaan), biasanya menandakan akan terjadi Tsunami setelah Gempa Bumi.

    Jika tanda-tanda itu terjadi, segera keluar dari rumah dan mencari tempat (Dataran) yang tinggi untuk mengungsi. Bawa barang seperlunya dan makanan seadanya. Semoga membantu.. Salam,

    INFO mengenai Gempa Hari Ini bisa klik disini : INFO GEMPA TERKINI

    ReplyDelete
  2. jangan sampai ketinggalan, karena saat ini ada yang terbaru dan terbaik untuk bisa nonton film drama korea dengan mudah dan gratis, cepetan download aplikasi MYDRAKOR di googleplay, mudah digunakan dan banyak drama korea terbaru.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

    https://www.inflixer.com/

    ReplyDelete
  3. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7858967-ciri-ciri-sisik-kaki-ayam-bangkok-birma-asli-mematikan

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388 & KungfuChiken.

    https://www.sateayam.vip/
    https://m1.hj128.vip/
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete

Powered by Blogger.