6 Penyakit Utama Pengganggu Belajar!

6 penyakit pengganggu belajar
(Image credit: Yulia Grigoryeva / Shutterstock.com)

Biasanya kalau kita lagi belajar mendadak langsung rentan penyakit nih. Tapi bukan penyakit kayak flu, batuk apalagi kanker, melainkan penyakit penyakit yang aneh menurut saya tapi sering banget dialami oleh saya sendiri. Apa aja sih penyakitnya dan gimana cara sembuhnya? Ini dia para penyakit yang bikin belajar kita ga efektif!

  • Terus Menunda Belajar


Ketika kita merasa belajar udah nggak menarik, ngebosenin, dan nggak jelas tujuannya untuk apa, biasanya kita akan nunda-nunda belajar. Untuk mengatasi ini, paradigmamu harus diubah agar kamu bisa menganggap belajar itu seru.

  • Menganggap Diri Sendiri Bodoh


Kalau kamu menghakimi dirimu sendiri sebagai orang bodoh dan kamu membatasi dirimu nggak bisa melakukan sesuatu, maka kamu akan selalu nyari-nyari alasan untuk gagal. Lagi-lagi ini urusan persepsi. Kamu harus mengubah persepsi ini agar nggak terjebak di lubang ini selamanya.

  • Benci Suatu Mata Pelajaran


Benci suatu mata pelajaran. Ketika kamu udah benci, ada aja pasti alasan buat nggak belajar, bahkan sampe nyontek dan nyalin tugas temen. Benci ini menurut gue didasari oleh menganggap pelajaran itu susah banget atau bahkan gurunya nyebelin. Biasanya kamu udah terlanjur kena priming effect dari temen temen atau orang di sekitar kamu bahwa pelajaran yang kamu benci itu susah dan nyebelin. Solusinya adalah kamu harus buat afirmasi positif ke dirimu bahwa pelajaran ini sebenernya menyenangkan.

  • Belajar Hanya Untuk Nilai Akademis


Belajar hanya untuk nilai, kenapa ini dipermasalahkan? Karena ketika kamu belajar hanya demi nilai, nilailah yang jadi satu satunya indikator kesuksesan belajar, sedangkan belajar itu sejatinya lebih dari nilai semata. Jadi ketika nilai kamu jelek atau dibawah ekspetasi maka kamu akan ngerasa kalo belajar kamu itu nggak berhasil, kalau udah begini biasanya ada 1 hal yang bakal kamu lakukan, kamu makin giat belajar atau malah males buat belajar. Daripada cuma ngejar nilai mending kejar hal-hal yang lain, misalnya hobi atau bakat-bakat lain yang kamu punya.

  • Cara Belajar Yang Salah


Gejala-gejala yang sering muncul misalnya kurang mengerti konsep tapi langsung latihan soal, terlalu bergantung sama hafalan, terpaku dari satu sumber belajar, dan ngehafalin tipe-tipe soal. Buat ngatasin ini, kamu bisa coba proses belajar deliberate practice. Pahami bahan yang kamu punya secara mendalam, dan latih tiap elemennya.

  • Semangat Belajar Nggak Konsisten


Ini salah satu masalah yang paling berat. Tapi kalau pola pikirmu tentang belajar udah bener, maka semangat belajar juga akan konsisten. Untuk dapat konsistensi dalam belajar, maka kamu harus punya persepsi belajar dan tujuan yang jelas kenapa kamu belajar. Dari situlah konsisten dalam belajar akan belajar.

Nah, sudah selesai nih pembahasan mengenai para penyakit pengganggu belajar. Pasti udah kebayang-kan kedepannya kamu mau kayak gimana. Percayalah, kalau kamu udah berhasil menghilangkan 6 penyakit tersebut, maka Insyaallah kamu bakal jadi orang yang mastah dalam belajar, Ya iya lah…!


Berikan dukungan anda dengan share dan juga subscribe blog ini!
6 Penyakit Utama Pengganggu Belajar!  6 Penyakit Utama Pengganggu Belajar! Reviewed by Faris Muhammad on Friday, September 21, 2018 Rating: 5

4 comments:

  1. Bagus sekali Ananda Faris. Teruslah berkarya. Semoga sukses. Amiin

    ReplyDelete
  2. Mantul bro,Kunjungijuga:
    https://mochgibran.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. jangan sampai ketinggalan, karena saat ini ada yang terbaru dan terbaik untuk bisa nonton film drama korea dengan mudah dan gratis, cepetan download aplikasi MYDRAKOR di googleplay, mudah digunakan dan banyak drama korea terbaru.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

    https://www.inflixer.com/

    ReplyDelete

Powered by Blogger.